Loading...

Waring Dicopot, Pemprov DKI Kini Anggarkan Rp 369 Milliar Untuk Normalisasi Sungai

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pemasangan waring atau jaring hitam di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Pusat, hanyalah sementara. Pemasangan waring hanya untuk perhelatan Asian Games 2018.

Waring Dicopot, Pemprov DKI Kini Anggarkan Rp 369 Milliar Untuk Normalisasi Sungai

Mulai Rabu, 14 November 2018, waring di Kali Sentiong tersebut mulai dilepas.

“Masalah polusi tidak bisa diselesaikan dengan waring. Kemarin itu menyelesaikan aroma, bukan menyelesaikan polusi airnya. Polusi air itu harus dibereskan,” kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

Anies mengatakan, Kali Item tengah disiapkan guna proses naturalisasi secara keseluruhan agar masyarakat tidak kembali mencium aroma tidak sedap dari air kali.

Karena hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan sumber-sumber pencemaran di Kali Item harus segera ditangani. Salah satunya sisa-sisa kegiatan produksi yang seringkali dibuang ke kali harus dikelola kembali.

“Jadi, jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa-sisa kegiatan produks. Misalnya, tahu tempe ampasnya dibuang ke sungai atau ini contoh kasus kemarin begitu hujan barang-barang besar yang sulit dibuang dilemparnya ke sungai,” jelas Anies.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengaku pihaknya telah memberitahukan pencopotan tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selanjutnya akan dimulai naturalisasi sungai dan pemasangan sheetpile atau dinding turap beton.

Baca Juga : Waring Penutup Kali Item Jakarta Seharga Rp 580 Juta, Begini Sekarang Nasibnya

“Saya udah Bersurat dengan Pak Gubernur, mohon izin waring hitam kita cabut agar selesai untuk pembangunan sheet pile untuk sisi kanan dan sisi kirinya,” kata Teguh di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018.

Dia menjelaskan, untuk pembangunan normalisasi sarana kali, Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan sebesar Rp 369 milliar. Biaya tersebut terbagi untuk beberapa lokasi seperti Kali Grogol dan Kali Sekretaris di Jakarta Barat yang dilakukan secara bertahap. Sumber

47 views
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *