Loading...

Waring Penutup Kali Item Jakarta Seharga Rp 580 Juta, Begini Sekarang Nasibnya

Untuk mengurangi bau tak sedap dari Kali Sentiong atau Kali Item saat pagelaran Asian Games Agustus lalu, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menutup Kali Item menggunakan waring hitam. Anggaran pemasangan waring Kali Item, Pemprov menggelontorkan dana sebesar Rp 580.833.000.

Waring Penutup Kali Item Jakarta Seharga Rp 580 Juta, Begini Sekarang Nasibnya

Dana ratusan juta itu bersumber dari APBD Jakarta 2018 yang dikelola Suku Dinas Sumber Daya Air.

1. Waring Penuh Sampah

Kini Kali Item mulai dilupakan dan tak lagi terurus usai pagelaran Asian Games Agustus 2018. Hal ini terlihat dari banyaknya sampah di atas waring penutup kali tersebut. Lantaran banyak warga yang membuang sampah di atasnya.

Banyaknya sampah membuat waring tersebut mengendur sampai menyentuh air kali tersebut. Sampahnya beragam mulai dari sampai plastik sampai sampai sisa makanan.

2. Waring Bolong-bolong

Bukan hanya sampah, waring penutup Kali Item juga sudah bolong-bolong. Padahal tujuan utama dari pemasangan jaring tersebut untuk menjaga kali tersebut agar tetap bersih dan bau sedap yang ditimbulkan bisa berkurang.

Banyak sampah dan waring yang bolong-bolong menandakan Pemprov DKI tidak lagi merawat Kali Item usai Asian Games 2018.

Baca Juga : Mengaku Nabi, Pria Asal Karawang Jual Tiket Ke Surga Rp 2 Juta

3. Penutup Kali Item Dicopot

Banyaknya sampah dan waring yang bolong membuat Petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Aliran Timur melepas jaring waring yang menutup Kali Item, Kemayoran, pada Rabu (14/11). Petugas dengan menaiki rakit melepas jaring waring yang menutup Kali Item.

Pelepasan ini guna mempermudah petugas dalam membersihkan sampah di aliran Kali Item.

4. Segera Pasang Dinding Turap

Pemprov DKI Jakarta mulai mencopot waring atau jaring hitam yang dipasang di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Pusat. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengaku telah memberitahukan pencopotan tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selanjutnya akan dimulai naturalisasi sungai dan pemasangan sheetpile atau dinding turap beton. Setelah pemasangan sheetpile akan dilakukan pengerukan di Kali Sentiong. “Saya sudah bersurat dengan Pak Gubernur mohon izin waring hitam kita cabut agar selesai untuk pembangunan sheetpile untuk sisi kanan dan sisi kirinya,” kata Teguh. Sumber

41 views
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *