Loading...

Sejumlah Stasiun TV Dikenai Sanksi Usai Siarkan Penggerebekan Angel Lelga

Empat stasiun televisi mendapat sanksi dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena menayangkan penggerebekan yang dilakukan Vicky Prasetyo di rumah Angel Lelga. Keempat stasiun televisi itu dianggap melanggar pedoman penyiaran.

Sejumlah Stasiun TV Dikenai Sanksi Usai Siarkan Penggerebekan Angel Lelga

Dikutip dari laman kpi.go.id, Rabu 28 November 2018, keempat stasiun TV yang mendapat sanksi itu adalah RCTI (Silet), Trans TV (Insert Pagi, Insert Siang, Insert Today), iNews TV (Silet, Intens Reborn), dan Trans 7 (Selebrita Pagi).

“Selasa kemarin, kami langsung mengadakan rapat pleno dan memutuskan memberi sanksi untuk program-program yang dinilai melanggar aturan P3 dan SPS KPI,” ujar Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis.

Pria yang akrab disapa Andre ini menjelaskan, keempat stasiun TV itu dianggap melanggar Pasal P3 dan SPS KPI tahun 2012 antara lain Pasal 13, Pasal 14 Ayat (2) dan Pasal 21 Ayat (1) P3 (Pedoman Perilaku Penyiaran) serta Pasal 13 Ayat (1), Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS (Standar Program Siaran).

Menurut Andre, KPI tak akan segan-segan memberikan sanksi tambahan kepada stasiun TV itu apabila melakukan kesalahan yang sama. Menurutnya, masyarakat Indonesia berhak mendapat tontotan yang mendidik. ” Kami juga menembuskan surat sanksi ini kepada presiden,” ucap dia.

Sementara, komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano, menambahkan, sanksi kepada keempat stasiun televisi tersebut berupa teguran. KPI menilai, tayangan penggerebakan Vicky terhadap Angel Lelga bersifat privasi dan sama sekali tidak mengandung manfaat bagi orang lain.

“Sanksi ini selain ditujukan kepada empat stasiun televisi, juga merupakan pesan kepada seluruh lembaga penyiaran bahwa tayangan semacam itu tidak boleh ditampilkan,” kata Hardly.

Baca Juga : Polisi : “Belum Ada Bukti Angel Lelga Zinah Dengan Pacarnya”

Menurut KPI, penanyangan video penggerebekan itu yang menampilkan Vicky memanjat pagar dan mendobrak pintu dapat menimbulkan efek negatif. Siaran televisi hendaknya menghormati hak privasi.

Aksi penggerebekan yang dilakukan Vicky ke rumah Angel Lelga memang menghebohkan. Vicky bahkan membawa serta kerabat dan awak media dalam penggerebekan itu.

Dalam video yang beredar di dunia maya terlihat Vicky memanjat pagar rumah Angel Lelga. Terlihat pula pendobrakan pintu kamar. Selain itu, Angel juga tertangkap basah tengah berduaan bersama pria lain. Sumber

35 views
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *