Loading...

Biarawati di AS Dituding Pakai Dana Sekolah Rp 7 Miliar Untuk Main Judi

Dua biarawati dari sekolah Katolik di California, Amerika Serikat, mengaku telah menggelapkan uang senilai USD 500.000 (Rp 7,3 miliar). Keduanya mengaku menyalahgunakan dana dari Sekolah St. James di kota Torrance, dekat Los Angeles, untuk berjudi di Las Vegas.

Biarawati di AS Dituding Pakai Dana Sekolah Untuk Main Judi

Suster Mary Kreuper yang telah bekerja menjadi kepala sekolah selama 29 tahun dan Suster Lana Chang yang telah bekerja sebagai guru selama 20 tahun di sekolah tersebut mencuri uang sekolah selama periode setidaknya satu dekade. Mereka pun mengaku menggunakan uang tersebut untuk perjalanan dan perjudian.

Kedua biarawati yang dikenal berteman baik itu baru saja pensiun dari jabatannya ketika ulah mereka terbongkar. Menurut Keuskupan Los Angeles, kasus penggelapan uang ini diketahui setelah dilakukan audit rutin.

Gereja Katolik St James menyatakan bahwa kedua biarawati tersebut mengaku menyesal atas perbuatan mereka. Untuk saat ini, pihak gereja telah melaporkan tindakan ini kepada polisi, namun tidak ada tuntutan kriminal yang akan diajukan terhadap keduanya.

“Para suster telah mengakui penyelewengan dana tersebut dan bersedia bekerja sama dalam penyelidikan,” demikian pernyataan dikeluarkan pihak gereja, seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (11/12).

“Komunitas kami prihatin dan merasa sangat kecewa dengan situasi ini. Kami pun menyesal karena telah menorehkan cidera pada hubungan panjang kami dengan pihak sekolah,” tambah pernyataan itu.

Sementara itu, monsignor gereja Michael Meyers menyatakan pesan disampaikan dua biarawati tersebut.

Baca Juga : Astaga, 2 Gadis Berhijab Rebutan Cowok di Tempat Umum

“Suster Mary dan Suster Lana telah menyatakan kepada saya dan meminta saya menyampaikan pada kalian, bahwa mereka merasakan penyesalan yang mendalam atas tindakan mereka dan meminta pengampunan serta doa dari kalian,” kata Meyers.

Selain dua biarawati itu, para biarawati lain juga diduga terlibat dengan kasus ini. Mereka diduga menutup-nutupi ulah biarawati tersebut dengan cara menyetor sejumlah cek yang ditujukan untuk keperluan sekolah dan biaya lain ke rekening terpisah. Saat ini, pihak orangtua murid telah diberitahu mengenai kasus ini. Sumber

46 views
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *