Loading...

Pengamat CSIS Anggap Aneh Ketidakpercayaan Prabowo Pada Hasil Survey

Pernyataan Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yang kerap mengatakan tidak percaya dengan survei terkait Pemilu 2019 yang dilakukan sejumlah lembaga riset, ditanggapi Pengamat Politik Centre For Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes.

Pengamat CSIS Anggap Aneh Ketidakpercayaan Prabowo Pada Hasil Survey

“Ketidakpercayaan Prabowo terhadap hasil survei tentunya tidak fair,” katanya saat dihubungi Suara.com, Kamis (14/3/2019).

Arya mengemukakan survei yang dilakukan lembaga riset sebenarnya menggunakan metode ilmiah. Ia melanjutkan, dengan menggunakan survei bisa membaca fenomena secara prediktif.

Meski begitu, ketidakpercayaan Prabowo bisa dijadikan bagian dari kritik. Secara personal, Arya mengemukakan, untuk menghindari kecurigaan yang berlebih terhadap lembaga riset, perlu ada keterbukaan secara publik.

“Hal ini bisa didorong dengan melakukan publikasi hasil survei dan membuka data mentahnya. Dengan adanya data mentah tersebut, tentunya akan bisa dicek oleh publik mulai dari metode pengumpulan data hingga sampling data yang digunakan,” jelasnya.

Selain itu, dengan keterbukaan tersebut, lanjut Arya, juga meningkatkan pengetahuan publik secara umum.

“Langkah itu sudah dilakukan lembaga penelitian di Amerika Serikat yang memiliki tradisi demokrasi dengan mempublikasikan data mentahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arya melanjutkan, jika ada yang keberatan dengan hasil survei bisa ditindaklanjuti kepada asosiasi lembaga survei yang ada di Indonesia.

“Jika ada yang keberatan, silahkan mengajukannya Dewan Etik asosiasi lembaga riset,” ujarnya.

Baca Juga : Sambut Prabowo, Emak-emak di Pekan Baru : “Pak Buka Pak, Buka”

Diketahui, Prabowo Subianto mengatakan tidak pernah percaya dengan survei terkait Pemilu 2019 yang dilakukan sejumlah lembaga. Tetapi Prabowo menyadari elektabilitasnya masih di bawah Capres Petahana Jokowi.

Meski elektabilitasnya kerap tertinggal dari pasangan Jokowi – Maruf Amin, Prabowo yakin Pilpres yang akan berlangsung 17 April mendatang pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 akan keluar menjadi pemenang.

“Insyaallah, 17 April kita akan menerima mandat tersebut. Memang survei-survei selalu taruh kita paling bawah. Saya tidak percaya survei-survei itu, karena survei-survei itu dibayar,” kata Prabowo saat menyapa masyarakat Riau di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Riau, Rabu (13/3/2019). sumber

16 views
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *